Permasalahan 1
User tidak tahu apa yang terjadi pada sistem sehingga lama menunggu respon dari sistem
Respon halaman Sales and Technical Supports (TS) ketika salah satu TS diklik |
Pada saat user mengklik salah satu support pada halaman Live and Technical Supports, user mendapat respon awal berupa munculnya angular loading . Namun, permasalahan sebenarnya muncul ketika user terlalu lama menunggu respon lanjutan dari sistem karena setelah beberapa menit sistem hanya menampilkan angular loading yang terus berputar. Hal ini tentu menjengkelkan user karena tidak tahu apa yang dilakukan oleh sistem ketika dia mengklik salah satu layanan support. Padahal umumnya respon yang sukses ketika mengklik salah satu technical support tersebut, software pendukung seperti Yahoo! Messenger akan terbuka untuk bisa melakukan aksi selanjutnya, yaitu chat dengan technical support yang diklik tersebut. Setelah diteliti, ternyata memang untuk membuka sistem tersebut diperlukan software pendukung lain. Hanya saja, pemberitahuan tersebut diletakan di akhir halaman sehingga pada awalnya user tidak tahu harus melakukan apa dan hanya mendapatkan respon angular loading yang terus menerus berputar.
Penyebab permasalahan |
Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan memberikan notifikasi di awal halaman, sehingga user sudah tahu jika harus menginstall software pendukung untuk bisa berkomunikasi dengan technical support. Hal ini tentu lebih efektif daripada membiarkan user menunggu lama hingga akhirnya jengkel dan tidak ingin membuka kembali situs tersebut. Solusi kedua adalah dengan memberikan notifikasi setelah angular-loading ditampilkan.
Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini diberi rating 3. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori Major usability problem: important to fix, so should be given high priority. Artinya penting untuk diperbaiki dan termasuk prioritas yang tinggi.
Permasalahan 2
Permasalahan ini terasa ketika saya akan mengisi suatu form. Textfield yang disediakan tidak terlihat sama sekali. Yang terlihat hanya label di atasnya. Saya harus mengira-ngira dimana textfield berada untuk meletakan pointer tepat di dalam textfield.Texfield tidak ditampilkan dengan jelas sehingga user tidak tahu kemana pointer harus diarahkan
form dan textfield yang invisible |
Permasalahan ini tentu sangat menjengkelkan user dan harus segera ditangani dengan memberikan border pada textfield. Rekomendasi kedua adalah dengan memberikan efek textfield yang sedang aktif misalnya diberi efek blue glow light. Sehingga user dapat merasakan posisi textfield yang akan diisi dengan adanya indikator aktif dari efek tersebut.
Berdasarkan severity ratings versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0 - 4, permasalahan usability ini diberi rating 4. Artinya permasalahan in termasuk pada kategori 3= Major usability problem: important to fix, so should be given high priority. Artinya penting untuk diperbaiki dan termasuk prioritas yang tinggi.
Permasalahan 3
Solusinya adalah dengan memperbaiki sistem tersebut sehingga sistem akan langsung mengarahkan posisi secara otomatis pada daftar komentar.
Permasalahan 3
Permasalahan ini terasa ketika mengklik link comment pada sebuah postingan. Saya sudah berkali mengklik link namun tidak ada respon dari sistem.User tidak mendapatkan respon dari sistem ketika suatu link diklik
link komentar pada suatu postingan |
Solusinya adalah dengan memperbaiki sistem tersebut sehingga sistem akan langsung mengarahkan posisi secara otomatis pada daftar komentar.