Rabu, 25 Juli 2012

Ilmu Komputer, bukan sekedar Komputer

Leave a Comment
- Curhatan seorang mahasiswa yang bersahabat dengan komputer-

"Be Computer Science Student to Living in the Digital World "

Sebelum ke inti cerita ada baiknya kali ya kita buka dengan bismillah. 
Bismillah....
Oke, bermula dari tugas MPD saya memberanikan diri untuk membuka statement " I'm proud to be Computer Science Student!" Kenapa saya bangga masuk ILKOM? (Bukan ilmu komunikasi yee). Inilah paparannya... Teteretetetet....!!! *lebay mode:ON

Pertama, Komputer adalah sahabat masa kecil
Bersahabat dengan Komputer sejak kecil tapi bukan sejak balita yee

Tak dipungkiri, benda berbentuk persegi dengan sanggul di belakangnya ini (_ _") yang selalu menemani saya sampai lelah dan tertidur (sampe sekarang juga). Entah kenapa, komputer seperti medan magnet yang bikin saya ga bisa lama-lama di depan belakang komputer. Persahabatan kami bermula ketika saya dikenalkan ayah yang memang sehari-hari pekerjaannya di haduapan komputer berjam-jam merancang proyek-proyek mesinnya. Di sela-sela itu saya biasanya mencuri-curi waktu untuk bermain game kesukaan saya, mario bross atau hanya unntuk belajar mengetik. Terkadanng, saya juga membuka microsoft paint untuk membuat coretan-coretan gak jelas karena saya memang hobi banget sama yang namanya gambar dan mewarnai. 

Kedua, Saya suka sama yang namanya Games
Games itu ibarat narkoba yang bisa bikin ketagihan tapi bisa bikin pinter loh
Ya, dulu saya maniak banget sama games. Bahkan, sering dimarahi kakak tertua saya kalo saya udah berjam-jam di depan komputer cuma buat maen games! Yaah, kakak yang satu ini emang bawel kalo adiknya ngelakuin hal-hal yang gak guna baginya. Siapa bilang main game cuma buang-buang waktu? Of course, kita bisa bilang kalo maen games cuma buang-buang waktu. Tapi, lihat deh sisi lainnya. Para maniak game biasanya pada jago bahasa Inggrisnya! :P Gak percaya? Para gamers juga biasanya lebih cepat menyelesaikan suatu permasalahan karena mereka juga dituntut untuk menyelesaikan permasalahan di games yang mereka mainkan juga. Mereka belajar bagaimana memenangkan games tersebut dengan strateginya secepat mungkin. Jadi, bener banget kalo gamers itu semakin sering kalah semakin besar rasa ingin memenangkan games tersebut. Dulu, saya paling gemes banget kalo udah kalah mulu main Tarzan atau Virtual Cop. Karena saya ini orangnya gak mau nyerah gitu aja, saya terus tuh maenin game tersebut dan akhirnya bisa menang dengan skor memuaskan :D (nyengir mode : ON) Dari rasa suka tersebut, timbul pertanyaan "Bagaimana ya cara bikin game seperti ini?" yang bikin saya ingin mempelajari komputer lebih jauh. Namun, sekarang waktu yang tersedia untuk bermain games sudah mulai berkurang karena banyakwaktu  yang saya habiskan di luar sebagai aktivis kampus (Ciee...)

Ketiga, Saya senang mengotak-atik Komputer
Komputer bermasalah? Serahkan pada saya! *somboong

Semakin kau bikin ulah semakin ingin aku menguasaimu

Sampai sekarang, saya juga masih heran kenapa orang-orang kalo ada masalah di laptopnya pasti yang jadi tempat pelarian utama adalah saya. Kenapa? Gak tau juga hehe. Entah kenapa ajaibnya selalu aja berhasil diselesaikan atau minimalnya kalo udah mentok solusi yang saya tawarkan pasti sama kayak teknisi bilang juga. Mungkin karena chemistry antara saya dan Komputer sudah lekat sekali , makanya saya bisa menaklukan dia untuk bisa bener kembali ke keadaan normalnya(Cihuyy...) 
Pengalaman yang paling menegangkan adalah ketika saya nyoba bersihin komputer pake Sm***v tiba-tiba hampir 2 ribu lebih virus, rootkit dll ternyata bersarang di komputer saya! Oalaah.. alhasil ada beberapa file library windows yang hilang. Untunglah masih bisa diatasi dengan mendownload file-file tersebut lewat om Google. Fyuuh.. untungnya gak jadi di install-ulang. Tips juga ya buat para pemake komputer. Kalo ada kerusakan jangan dulu panik dan langsung nelpon tukang service. Lihat baik-baik permaslahannya (Error apa? Kalo blue screen kodenya apa? dll) Setelah itu, minta bantuan om Google untuk mendapatkan jawaban atas report error tersebut. Jangan nyerah kalo belum berhasil, istirahat dulu sejenak buat nge-refresh otak dan segera berjuang lagi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Ucapkan Alhamdulillah kalo berhasil. Nah kalo gagal? Say hello aja dah buat komputernya -_-

Keempat, Ilmu komputer menjadi pilar utama perkembangan Sains dan Teknologi


Di era digital seperti ini, kebutuhan untuk mempelajari teknologi sangat besar, termasuk pula Ilmu Komputer. Teknologi sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita mulai dari sektor akademis, perkantoran, bisnis dll. Ya, semuanya berasal dari Komputer! Menngingat kerasnya era globalisasi, Sains dan Teknologi akan menjadi gerbang utama keberhasilan manusia menciptakan inovasi baru. Diperlukan Ilmu Komputer yang cakupannya sangat luas. Beberapa diantaranya adalah pengembangan perangkat lunak (software development), pengembangan robotika , kecerdasan, bio-infomatika, dll. Intinya fokus utama ILKOM adalah unsur matematika dan logika. Karena saya senang dengan hal-hal berbau logika saya memilih Ilmu Komputer, bukan Sistem Informasi atau yang lainnya :D 

Kenapa ILKOM IPB?
Kalo ditanya seperti itu, jujur saya juga belum punya alasan yang logis. Hanya feel yang mengantarkan saya bahwa peluang untuk bisa membahagiakan orang-orang di sekeliling saya yang membutuhkan pengembangan teknologi ada di Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor. Saya ingin mengkolaborasikan terapan Ilmu komputer dengan pertanian sehingga diperoleh suatu pertanian yang modern. Karena daerah saya pun mayoritasnya adalah petani dan memang menjadi sentra pertanian saya memutuskan untuk berangkat ke Bogor menuntut ilmu komputer. Harapannya suatu saat saya bisa menghasilkan software-software cerdas yang bisa bermanfaat bagi dunia pertanian, khususnya di daerah saya Majalengka.

Majalengka yang hijau nan permai


Intinya, saya suka Komputer

Loving Computer
Bagi saya komputer adalah benda unik. Banyak pertanyaan yang memenuhi isi kepala yang sebagian belum terjawab. Kok bisa ya cuma angka 0 dan 1 membentuk huruf-huruf? Kok ajaib banget ya gambarnya bisa gerak-gerak di depan monitor? Gimana caranya ya games dibuat sampai bisa dimainkan? Kok bisa dengan benda persegi itu kita bisa nelpon ke luar negeri?
Pertanyaan-pertanyaan itulah yang membuat saya penasaran dan bikin saya terus menerus melakukan pdkt dengan komputer. Semakin saya bingung, semakin saya gigih untuk mempelajarinya. Akhirnyaa.. saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengna belajar banyak hal di Ilmu Komputer. Insya Allah JUNI tahun 2016 saya bisa mendapatkan gelar S.Kom, M.Kom atas ridho Allah dan mengaplikasikan ilmu komputer yang saya miliki untuk masyarakat.

"Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop"
--Edger Djikstra --

"Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!"
-- Richard Feynman --






Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

please write a comment