Minggu, 08 Juni 2014

Help and documentation - omegaakutansi.com

4 comments
Maksud dari prinsip usability yang terakhir ini adalah sistem harus menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi penggunaan sistem.

Pada situs ini, halaman bantuan / help tidak dibuat secara sempurna sehingga tidak membantu dalam penggunaan sistem

Pada saat mengklik flash tutorial pada menu di bawah ini, ternyata halaman tersebut kosong dan tidak memuat informasi apapun.

halaman flash tutorial - help

Permasalahan lain adalah ada pada halaman Download update. Disana terdapat kata-kata untuk melakukan " Kini silakan update software anda melalui daftar di bawah ini". Tapi daftar yang dimaksud tidak jelas karena tidak hanya berisi kata-kata tidak jelas yaitu [[afm_page]]. Mungkin tadinya berupa link atau kodingan daftar yang dimaksud tapi nyatanya tidak befungsi sama sekali karena hanya berupa tulisan. Selain itu, gambar yang terdapat di halaman tersebut tidak terlalu jelas dan tidak bisa di enlarge / dipreview. Masalah timbul ketika user tidak bisa membaca konten dari gambar tersebut yang seharusnya membantu user menyelesaikan permasalahannya. 

halaman Download update - help 
Seharusnya fitur help yang tidak akan dibuat dihilangkan saja daripada membuat user merasa tidak puas. Selain itu, diperlukan penyempurnaan lagi fitur help yang dibuat karena tujuan dibuat fitur ini adalah untuk membantu user menggunakan sistem, bukan untuk mempersulit user.

Berdasarkan severity rating versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0-4 , permasalahan ini termasuk pada skala= Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released. Artinya permasalahan ini sangat fatal bila tidak diperbaiki. 

Secara keseluruhan, dari 10 prinsip usability , situs omegakutansi.com ini perlu mendapatkan perbaikan mendalam sehingga user yang mengakses situs ini mendapatkan kenyamanan dan kemudahan baik dari segi fitur maupun desain :)

4 komentar:

  1. Ahahaha, wina...
    "Daftar yang mana? =__="
    iya, setuju banget. kesannya menu "help" belum siap release.
    alih-alih membantu user, malah bikin jengkel.
    tapi kalau dari bagian "FAQ" dan "Video Tutorial" sudah cukup baik atau sama buruknya?
    soalnya wina sampai ngasi severity ratingnya 4 sih untuk bagian help...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama buruknya. FAQ malah ditulisnya halaman sedang diperbaiki. Tapi isi FAQ nya masih ada ckck.. ini web bener2 dah

      Hapus
  2. Wah, memang seharusnya fitur help itu harus dibenahi dulu sebelum website di rilis.. karena banyak pengguna awam yang akan kabur hanya karena ragu jika tidak ada fitur bantuan atau dokumentasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ini web memang web yang dibilang gagal. Web versi barunya udah lebih baik dari ini

      Hapus

please write a comment