Minggu, 08 Juni 2014

Help users recognize, diagnose, and recover from errors - omegaakutansi.com

Leave a Comment

Maksud prinsip usability ini adalah pesan error harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas dan bisa memberikan solusi bagi user

 Tidak ada solusi untuk error message

Pada form contact, ketika saya mencoba untuk memasukan alamat email yang salah yaitu hanya dengan mencantumkan 123 tanpa embel-embel domain, muncul pesan kesalahan seperti di bawah ini. "Email address seems invalid".  Pesan error memang sudah ditampilkan, namun user tidak mendapatkan solusi dari pesan tersebut karena tidak diberi tahu apakah yang dimaksud  dengan email address valid itu?.  Hal ini mungkin tidak berlaku bagi user yang sudah terbiasa berinteraksi dengan form, tapi bagaimana dengan user yang sangat awam dan pertama kali berinteraksi dengan form dan tidak mengetahui apa itu email?

form contact dan pesan error yang ditampilkan
Seharusnya pesan error mengandung solusi. Atau jika tidak dicantumkan saat pesan error muncul, seharusnya dibuat semacam placeholder pada field dalam form contact tersebut untuk menghindari kesalahan pengisian. Misal dalam field email, terdapat placeholder seperti 123@gmail.com. Sehingga user tahu bahwa seharusnya penulisan yang benar adalah seperti contoh : 123@gmail.com.

Berdasarkan Severity Rating Jakob Nielsen (1995) dari skala 0-4, permasalahan ini termasuk dalam skala = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released. Artinya prinsip itu harus dipenuhi terlebihi dahulu karena berakibat fatal jika permasalahan seperti ini tidak disalahkan. User yang sangat awam mungkin tidak akan pernah bisa mengirimkan pesan melalui formulir ini jika tidak diberi petunjuk untuk mengatasi error message seperti ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

please write a comment