Sabtu, 23 Agustus 2014

Keluarga 2 hari

Leave a Comment
Hem, anyway minggu-minggu ini sudah masuk masa perkenalanan maba baik yang baru masuk ke kampus atau fakultas. Yap, bagi kampus ipebe yang notabene gak mengenal perpeloncoan, maka MPKMB , MPF, maupun MPD menjadi cerita menarik tersendiri untuk dikisahkan kembali. Entah itu kekonyolan yang kita lakukan karena lupa bawa perlengkapan, cerita kekeluargaan dengan teman sekelompoknya dan bahkan cerita antara orang tua dan anak-anaknya. Loh kok? orang tua? anak-anak? Judulnya ko keluarga 2 hari? Yap, ini adalah cerita sebuah keluarga manis dalam bingkai Masa Perkenalan Fakultas (MPF) MIPA ipebe. Meskipun judulnya 2 hari sesuai dengan durasi MPF-nya, semoga faktanya kekeluargaan ini terjalin selamanya ya :)

Cerita berawal dari permintaan untuk menjadi pembimbing kelompok di masa perkenalan fakultas FMIPA. Harusnya sih mahasiswi menjelang tingkat akhir kayak saya lagi sibuk PKL di instansi, tapi alhamdulillaah kerjaan udah hampir beres dan saya bisa menyanggupi untuk membantu menjadi pembimbing kelompok. Yaah pembimbing kelompok itu semacam orang tua anak-anak kelompok gitu. Mau nolak juga gak enak, karena panitia-nya memang katanya kekurangan SDM. Gimana ga kurang, karena jumlah mahasiswa FMIPA angkatan 2012 yang terdiri dari 8 departemen hampir mencapai 1000 orang. Sedangkan SDM yang tersedia hanya sedikit. Ko bisa? ya secara normalnya orang gak akan mau mengorbankan waktu liburannya untuk jadi "orang tua" anak orang yang mau masuk fakultas kan ya? Memang kebetulan waktu MPF ini bertepatan dengan waktu liburan semester, jadi cukup jadi tantangan tersendiri bagi para panitia Masa Perkenalan Fakultas maupun Departemen. Tantangan untuk mengenalkan dunia fakultas yang dianggap masa-masa penentuan jati diri-nya. Masa-masa semester 3 yang biasanya bikin IP terjun payung setelah dilenakan dengan masa kuliah TPB (Tingkat persiapan bersama) yang dianggap masa SMA kelas 4. 

Alhamdulillah..
setelah tahun kemarin gak kesampean jadi panitia MPF karena ada amanah penyambutan maba IPB, tahun ini saya kebagian mendampingi keluarga Distrik 13 dari Capitol Alexander Flemming. Oh iya, nama Distrik itu adalah nama kelompok kecil-nya yang terdiri dari 30 orang. Sedangkan capitol itu adalah nama kelompok besar yang terdiri dari beberapa grup distrik. Nama distrik sama capitolnya nyadur dari novel Hunger Games. Entahlah kenapa pemilihannya jatuh pada nama-nama ini. Yaay dan meskipun hanya bisa bertemu pra - MPF di gathering 1 dan beberapa gathering informal bersama anak-anak distrik 13 , bahagia melihat senyum mereka. Ingin cepat-cepat menunjukan bahwa MPF di fakultas tercinta tidak menyeramkan dan sangat informatif. Info peraturan fakultas, lomba-lomba Sains, dan berbagai konten perkenalan fakultas yang non - perpeloncoan sebisa mungkin saya paparkan ketika awal bertemu dengan mereka pada gathering pertama. Intinya mah, MPF ini tujuannya memang untuk menumbuhkan jiwa Scientist dan kecintaan pada Fakultas lah. 

Meski gak kenal semua sama anak-anaknya karena terkendala waktu dan kesibukan, perpisahannya berkesan dengan baik. Totally proud of you, gold generation of FMIPA! Angkatan 50 IPB bener-bener keren. Masa dikasih permainan nyusun puzzle dikasih jatah waktu 30 menit selesai dalam waktu kurang dari 15 menit. Waah, memang calon scientist yang briliant nih. Semoga kabar baik untuk kekompakan mereka selama 3 tahun di fakultas nantinya :) 

tulisan "Rainbow" yang dibuat oleh angkatan 50 (2013) di hari ke - 1 MPF
Alhamdulillah pula, diberi partner orang tua (sebutannya SG) yang baik-baik dan bertanggung jawab. Saya, Ilham (Ilkom 49) , dan Risa (Biologi 49) yang mendampingi distrik 13 selama Pra sampai pasca MPF. Mereka benar-benar mengerti saya yang meskipun cuma datang beberapa kali tapi masih dianggap orang tua, hiks. *lebay ah* . 

Risa Seftianingrum yang selalu ceria (kiri) dan saya di GWW
Btw, MPF MIPA ini dilaksanakan 2 hari.  Hari ke 1 agendanya Outbond seru-seruan dan Hari ke 2 spesial only for MIPA-students dilaksanakan di GWW, gedung khusus yang biasanya dipakai buat maba IPB registrasi atau maba lama yang di-wisuda. Kece kan ya B-) 

Karena belum sempat foto dengan distrik 13, saya nagih janji buat foto bareng mereka setelah acara MPF di GWW. Tadaa.. manis kan ya anak-anakku hehe. *berasa tua gitu *

Nagih foto sama mereka usai MPF
Depan (kiri - kanan) : Ika, Dina, Anin, Karin
Tengah (kiri-kanan) : Risa (partner), Dyah, Leni, Rini, Ira (ketua putri), Desy, Sri dan saya
Belakang (kiri-kanan) : Ilham (partner), Bima (ketua putra), Gofur, Fajri, Salhan, Slamet, Irfan
Dan inilah beberapa kata penutup di grup WA - pasca MPF. Proud and love you distrik 13 yang ceria - ceria dan narsis narsis <3 div="">

Penutup dari Ilham buat anak-anaknya dan dari Ketua Putri (Ira)
Waah tersipu ane dibilang kalem katanya. Kalem kalo belum kenal mah, kalo udah kenal yaah ketahuan deh belangnya hoho ^_^ . Tenang aja, kita pasti ketemu tiap hari kok (for mipa kering). Kenapa mipa kering? maksudnya mipa yang hitung-hitungan tanpa praktikum sama tumbuhan dan hewan2 (ex Statistika, Geofisika dan Meteorologi, Ilmu Komputer, Fisika) Kalaupun yang mipa basah (Biologi, kimia, biokimia) nun jauh gedung kuliahnya di fakultas peternakan, kita tetap satu MIPA ko. Mipa! Mipa satu Mipa Jaya! FMIPA! Jaya!











Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

please write a comment