Sabtu, 07 Juni 2014

User control and freedom - omegaakutansi.com

Leave a Comment
User seringkali tidak lepas dari kesalahan ketika berinteraksi dengan sistem, misal ketika mengklik sebuah link Namun, terlepas dari itu user juga harus bisa kembali ke posisi awal sebelum dia melakukan kesalahan. Artinya sistem harus mensupport undo dan redo sehingga user terbebas dari kesalahan yang sama. Itulah pengertian umum user control and freedom

Pada situs ini, user merasa bingung kembali ke halaman mana ketika salah melakukan tindakan.

Apa maksudnya? Ya, awalnya di sini saya mengklik salah satu gambar produk. di sidebar yang berjudul Our Products. Ekspektasi awal user akan digiring ke halaman berisi produk. Namun, ketika user ingin kembali ke halaman yang berisi daftar produk, user malah disodori dengan link return to portfolio. Ternyata, ketika saya mengklik gambar produk, halaman yang dibuka adalah halaman berisi penjelasan salah satu produk dari halaman portfolio. Oleh karena itu, awalnya sempat bingung mengapa kembali ke portfolio? Bukannya kembali ke halaman sebelumnya, user malah dibuat bingung karena kembali ke halaman yang tidak pernah diakses sebelumnya.

Sidebar yang berisi daftar product



Halaman penjelasan salah satu produk -  Return to portfolio?

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan memisahkan menu product dan portfolio. Atau jika memang maknanya sama, bisa dipilih salah satu sehingga user dapat memahami bahwa yang diklik adalah product dan bisa kembali ke halaman sebelumnya yang berisi daftar product jika memang tujuan awalnya adalah melihat daftar produk. Cara kembali ke menu product dapat berupa menyediakan thumbnail gambar beserta link produk lain di halaman yang berisi penjelasan salah satu produk tersebut. Atau cara kedua adalah dengan membuat BreadCrumbs pada setiap kali halaman salah satu produk dibuka. Hal ini tentu akan sangat membantu user mengetahui posisinya sekarang selain bisa berpindah ke menu product lagi.

Berdasarkan Severity rating versi Jakob Nielsen (1995) dari skala 0-4, penulis memberikan skala = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released. Artinya permasalahan ini harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum sistem benar-benar jadi. 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

please write a comment