Sabtu, 07 Juni 2014

Consistency and Standards - omegaakutansi.com

1 comment
Maksud dari usability ini adalah user tidak harus berpikir mengenai apakah suatu kata, situasi dan aksi yang berbeda memiliki arti yang sama.

Menu utama tidak sama dengan submenu

Ketika menglik link Our products, ekspektasi user tentu akan ada halaman yang berisi daftar-daftar yang ada di bawah Our Products yaitu Omega accounting, omega stock, software online, download demo, dan What's new. Namun, ternyata halaman yang ditampilkan hanya berupa gambar produk dan link-nya yang nama-nama produknya ternyata tidak sama dengan ekspektasi awal. Bahkan user bingung sebenarnya apa saja produk yang ditawarkannya?

halaman Our products yang tidak konsisten

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan memperbaiki konsistensi menu dan sub menu juga halaman yang ditampilkan. Sub menu harus merepresentasikan menu Our Products itu sendiri. Artinya sub menu memang berisi produk, bukan yang lain seperti Download Demo atau What's New? .Selain itu Menu Our Product sebaiknya tidak dalam bentuk link yang bisa diklik tapi berupa dropdown menu yang terdiri dari sub menu product.

Berdasarkan severity rating Jakob Nielsen (1995), permasalahan ini diberi skala = Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released. Permasalahan harus diselesaikan sebelum sistem benar-benar jadi dan siap diakses oleh user.

1 komentar:

  1. Wah, kalau seperti ini, dapat membuat bingung user. Kemudian sistem ini tidak sesuai ekpektasi pengguna. Saya setuju dengan solusi yang Whina berikan. Tampilan submenu harus relevan dengan menu, agar sesuai ekspektasi user.

    BalasHapus

please write a comment