Rabu, 18 November 2009

HIU, PEMBUNUH?

Leave a Comment
Ikan hiu merupakan predator yang paling banyak ditakuti oleh sebagian besar penduduk bumi. Sebut saja film-film yang memperlihatkan keganasan hiu apalagi untuk spesies Great White Shark seperti : Cruel Jaws sampai The Deep Blue Sea. Wah, bahkan saya pun ngeri dibuatnya ketika melihat film The Deep Blue Sea yang mengisahkan percobaan para ilmuwan mengembangbiakan Hiu jumbo di lautan biru yang memakan korban dengan sekali gigitan tajamnya.

Tubuh hiu dipenuhi dengan tulang rawan. Jangan salah, tulang rawan mereka tak mudah untuk dipatahkan layaknya tulang rawan manusia. Namun, meski terbilang cukup kuat, Gigi mereka sering ompong karena gigi-giginya tidak mempunyai baud yang kuat ( haha,ada-ada saja ya. . ) Tapi tenang saja, paling dalam waktu 2 minggu, gigi mereka akan tumbuh lagi dan siap menerkam mangsanya. .

Ada fakta unik lainnya. Mereka bisa menangkap gelombang elektromagnetik ( ingat pelajaran fisika ya? ) dari ratusan mil di bawah permukaan laut. So,jangan heran kalau mereka punya indera penciuman yang tajam bahkan bisa mencium bau darahmu dari jarak 5 kilometer sekalipun! Itu memang benar, saya baru menyadarinya ketika nonton film The Deep Blue Sea, ketika mereka mencium darah manusia, mereka bisa mendeteksinya dengan sangat sempurna bahkan mengejar-ngejarnya! Serem bangett. .
Fakta lain, hiu bisa puasa selama enam minggu! Bedanya mereka gak pernah buka. . hebat banget! Dan umur para hiu manula bisa mencapai 100 tahun! Huihh. .

Sebenarnya, keganasan hiu tidak sedramatis di fim-film yang pernah kita tonton. Hanya mereka sering keliru ketika ada manusia yang bergerak-gerak ( baca: renang atau menyelam) di dalam laut. Mungkin, mereka menganggapnya sebagai singa laut, salah satu makanan favorit mereka. Jadi, anggapan bahwa hiu itu bisa memakan manusia adalah salah besar ! justru, populasi mereka kini sedang terancam di tengah maraknya perburuan hiu di seluruh dunia. Mudah-mudahan populasi hiu di negara kita yang merupakan tempat perkembangbiakan hiu terbesar ini bisa diselamatkan dari kepentingan manusia. Ya, konon daging hiu itu bisa mencapai US$ 3000 atau sekitar Rp. 30.000.000 ! dagingnya mengandung banyak protein dan mineral yang baik untuk tubuh. Dan hati hiu bisa mencapai ¼ dari berat badannya. Hati hiu yang mengandung skualen dan vitamin A ini bisa dibuat bahan kosmetik. Wah, bilang tuh ibunya. . beli hati hiu, wajah jadi mengkilap.. ( jangan deh, bercanda )

Kemudian, Sirip hiu pun memiliki harga jual yang tinggi. Siripnya bisa dijadikan sup. Kamu tahu? 1 mangkuknya bisa mencapai US$ 100 Atau setaraf Rp. 100.000 . ya, lumayan lah daripada beli dagingnya. Semua tubuh hiu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia termasuk membinasakan penyakit berbahaya seperti kanker.
Ikan hiu terbesar yang pernah ditemukan adalah ikan hiu paus. Panjangnya bisa mencapai 15 meter!

Sayangnya, perburuan hiu mulai marak akhir-akhir ini. Mereka yang tertangkap, dipotong siripnya hidup-hidup. Sambil mengerang kesakitan mereka dibuang lagi ke dalam laut layaknya sampah kotor. Pada akhirnya, mereka kehabisan darah dan mati terapung. Parahnya lagi, kalau ada yang menemukan dibakar jadi sate hiu! Kejam banget.

Kesimpulannya , mereka tak sejahat yang kita bayangkan , justru kita yang telah membinasakan mereka dan membuat kehidupan mereka terancam punah. We must save and protect their life.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

please write a comment